Home » Renungan Dan Artikel » Renungan Harian » Renungan Harian 12 Januari 2022

Renungan Harian 12 Januari 2022

MELIHAT DENGAN IMAN

Mazmur 126:1-6

Mazmur 126:6. Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya.

Jika kita memfokuskan seluruh perhatian kita kepada Allah yang benar, maka kita tidak akan pernah kehabisan alasan untuk bersyukur dan berharap. Mazmur ziarah ini terbagi menjadi dua: refleksi atas kepulangan bangsa Israel ke negerinya dan permohonan agar Tuhan memulihkan juga keadaan alam mereka, sehingga mereka dapat kembali hidup makmur.

“Hidup ini tidak adil!” Begitu keluhan yang kadang terbit di hati kita, disadari maupun tidak. “Kenapa orang beriman dihukum Tuhan lebih keras daripada mereka yang jelas-jelas jahat, tetapi bisa terus berkubang di dalam kejahatan mereka?” Ada begitu banyak pertanyaan dalam benak kita. Begitu banyak hingga bagaikan kabut tebal yang menutupi pandangan kita ke depan.

Iman bagaikan laser yang bisa menembus tebalnya kabut ketidakjelasan hidup hingga kita dapat melihat kebaikan Tuhan. Setelah puluhan tahun dipembuangan, bangsa Israel  bisa melihat betapa besarnya karya Tuhan melalui terbuang dan kembalinya mereka ke negeri mereka. Mereka ternganga, terlonjak-lonjak kegirangan, dan bersyukur kepada Tuhan.

Ketika menemukan bahwa negeri mereka dalam keadaan yang merana, mereka datang kepada Tuhan meminta pemulihan. Mereka percaya bahwa kalau Tuhan yang memulihkan, maka padang gurun pun bisa menjadi padang rumput. Karena itu mereka tidak duduk diam. Sambil memohon dan meratap mereka tetap melakukan bagian mereka, yaitu menyiangi tanah, menabur benih, dan menyiapkan  jalan bagi pekerjaan Tuhan.

Kondisi hidup yang bangsa Israel hadapi tidak serta merta membuat orang bersyukur dan berharap dalam segala keadaan. Cukup tangguhkah iman Anda untuk melihat Tuhan menembus kegelapan kabut yang menyelubungi kehidupan?

Doa: “Tuhan Yesus, bantulah kami agar kami sepunuhnya menaruh iman percaya kami kepada Tuhan dalam menjalani kehidupan ini. Amin.”

Bacaan Setahun: Kejadian 25-26; Matius 9:1-17.

Untuk membaca artikel atau renungan yang lain silakan klik disini  

Check Also

Renungan Harian 24 Januari 2022

Renungan Harian 24 Januari 2022

Renungan Harian 24 Januari 2022 KEMULIAAN ALLAH Renungan Harian 24 Januari 2022 Mazmur 106 Renungan …