Home » Renungan Dan Artikel » Renungan Harian » Renungan Harian 11 Januari 2022

Renungan Harian 11 Januari 2022

PERCAYA PENYERTAAN-NYA

1 Samuel 28

1 Samuel 28:7. Lalu berkatalah Saul kepada para pegawainya: “Carilah bagiku seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah; maka aku hendak pergi kepadanya dan meminta petunjuk kepadanya.” Para pegawainya menjawab dia: “Di En-Dor ada seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah.”

Kita semua pasti pernah merasakan takut, rasa takut yang dimaksud bukan saja rasa takut terhadap sosok atau seseorang, tetapi juga rasa khawatir atau cemas yang berlebihan karena situasi dan kondisi tertentu. Raja Saul juga pernah mengalami hal yang sama ketika dia melihat para tentara Filistin. Keberaniannya yang dulu ada ketika dia masih muda hilang begitu saja digantikan dengan rasa takut yang berlebihan. Bahkan, rasa takutnya sampai membuat dia tidak peduli bahwa apa yang dilakukannya itu melawan kehendak Tuhan. Kesulitan dan rasa takut menyebabkan dia lari ke tempat yang salah. Dia lari kepada dukun.  Padahal Saul telah mengusir semua dukun dan peramal dari negeri Israel. Pada waktu itu Saul ditolak Allah. Dia berharap pertolongan Samuel yang sudah meninggal. Dia tidak merendahkan diri, memohon kepada Allah, setelah ditolak Allah. Dia begitu sombong sehingga dengan mudah mencari arwah dan berpaling dari Allah. Rasa takut yang mendominasinya, membuat Saul tidak menyadari bahwa segala keberhasilan dalam hidupnya dikarenakan penyertaan Tuhan semata.

Maka hal yang sama yang harus kita sadari, bahwa segala keberhasilan yang ada di dalam hidup kita itu bukan semata-mata karena hasil usaha kita melainkan karena penyertaan Tuhan. Oleh sebab itu, kita harus tetap menjaga hidup dengan segala kehati-hatian agar penyertaan Tuhan tetap ada di dalam kehidupan kita. Jangan pernah membiarkan ketakutan menguasai sehingga kita melakukan hal yang tidak berkenan di hadapan Tuhan. Percayalah, bahwa penyertaan Tuhan cukup membuat kita dapat hidup berkemenangan dalam segala hal, hanya janganlah mendukakan hati-Nya.

Doa: “Bapa di dalam nama Tuhan Yesus, ajar aku selalu taat kepada-Mu dan ampuni aku bila aku melupakan-Mu. Amin.”

Bacaan Setahun:Kejadian 24; Matius 8:14-34

Untuk membaca artikel atau renungan yang lain silakan klik disini  

Check Also

Renungan Harian 24 Januari 2022

Renungan Harian 24 Januari 2022

Renungan Harian 24 Januari 2022 KEMULIAAN ALLAH Renungan Harian 24 Januari 2022 Mazmur 106 Renungan …