Renungan 18 September 2023

Ilustrasi Renungan 18 September 2023 BERHALA MODERN
Ilustrasi Renungan 18 September 2023 BERHALA MODERN

Renungan 18 September 2023, Bacaan Alkitab Keluaran 20:3-5

BERHALA MODERN

Keluaran 20:3-5

Keluaran 20:3. Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, penyembahan artinya proses, cara, perbuatan menyembah, arti lainnya adalah pemujaan. Memuja sesuatu berarti menyembah sesuatu. Jika kita mengaku memuja Tuhan, maka kita seharusnya menyembah Dia. Jika kita mengatakan, bahwa kita memuja Allah tanpa menyembah Dia, kita hanya menipu diri kita sendiri.

Kita memuja Tuhan, memuja pribadi-Nya, mengagumi Tuhan dan menyatakan cinta kita kepada-Nya melalui tindakan, pikiran, dan perkataan kita. Penyembahan kita kepada Tuhan akan terlihat dalam pilihan yang kita buat, keputusan penting yang kita buat, teman-teman dan pergaulan yang kita pilih, sosial media yang kita perhatikan dan lain sebagainya. Apakah segala hal yang kita lakukan menunjukkan cinta kita kepada Dia atau tidak? Menyembah Dia berarti kita mengutamakan Dia dalam segala hal dalam hidup kita. Banyak orang Kristen memamahami, bahwa penyembahan berhala identik dengan penyembahan berhala, seperti kepada patung maupun simbol tertentu.

Meskipun berhala seperti itu masih ada, saat ini ada banyak bentuk berhala modern, yang semuanya pada dasarnya sama yaitu ketika sesuatu atau seseorang atau hal yang kita tempatkan tertinggi dan menggeser posisi Tuhan dalam hidup kita. Jadi walaupun kita tidak menyembah batu atau patung, tetapi jika kekuasaan, hobi, uang, pujian, karir bahkan dengan tokoh-tokoh idola dan lain sebagainya itu berada pada skala prioritas utama kita, maka kita sedang menyembah berhala.

Tidak ada yang salah ketika kita mengejar yang ada di dunia ini, tetapi pastikan yang kita kejar merupakan perkenanan Tuhan dan yang kita lakukan semuanya hanya bagi kemuliaan-Nya karena tanpa itu semua yang kita kejar adalah kesia-siaan. Jadikan Dia yang utama dan satu-satunya.

Doa: “Tuhan Yesus, Engkau tidak hanya yang utama tetapi satu-satunya yang kusembah. Amin.”

Bacaan Setahun: Amsal 1-3; 1 Korintus 15:1-11

Renungan 18 September 2023, Bacaan Alkitab Keluaran 20:3-5

18, 18 September 2023, 2023, September, Renungan Harian

Untuk membaca artikel atau renungan yang lain silakan klik disini 

 

 

Check Also

Renungan Harian Anak Juni 2024

eMagazine Mission   Mission-Juni-2024-1 Download Mission klik di sini untuk mendownload Mission Juni 2024– Gbipasko.com