Bahan Care Cell Maret 2023 – GEREJA PEMURIDAN

Care Cell Back 3
Oleh: Pdt. Simon Irianto Dipl. Text.

Gereja dipanggil bukan untuk menciptakan pengemar atau pengikut tapi murid, Tuhan Yesus memerintahkan jadikan segala bangsa MURID (Matius 28:19-20), mengajar mereka menjadi dewasa, menang dan berdampak di mana pun mereka ada (Efesus 4:13-14). Murid itu berarti bukan sekedar orang banyak, tetapi orang yang mau belajar dan terus bertumbuh, sehingga suatu saat nanti mereka akan mengajar orang lain (2 Timotius 2:2).

Murid Tuhan Yesus mendapat pengajaran dan waktu istimewa bersama Yesus. Tuhan Yesus sering memisahkan mereka dan memberi penjelasan yang rinci kepada mereka (Lukas 12, Markus 9:2). Murid juga mendapat hak istimewa untuk langsung melihat dan belajar dari dekat apa yang Yesus lakukan, mengusir setan, menyembuhkan orang sakit, memberitakan Injil dengan kuasa, mereka bukan hanya diajar tetapi melihat langsung (Markus 8:22-26, Markus 9:28-29), inilah yang membedakan pemuridan dengan sekedar mengajar seperti guru di sekolah.

Pemuridan bukan sekedar mentransfer pengetahuan, menghabiskan bahan yang harus dipelajari tapi impartasi, mentransfer kualitas hidup, karakter dan nilai-nilai hidup (2 Timotius 3:10, 2 Timotius 2:1-2, 1 Timotius 1:2). Rasul Paulus memanggil Timotius dengan anakku, ini level pemuridan yang lebih dalam, pembapaan dan keanakan, fatherhood dan sonship, ini yg diperlukan gereja saat ini, bapa rohani yang peduli dan membesarkan anak-anaknya menjadi dewasa dan pada saatnya kelak juga menjadi seorang bapa. Jika proses ini berlanjut, gereja tidak akan kekurangan pemimpin, orang berkualitas dan punya masa depan yang hebat.

Kelompok kecil di rumah-rumah (care cell) adalah awal baik untuk menciptakan murid (Kis. 2:41-47), mereka yang haus dan punya kerinduan lebih dalam bisa dipisahkan untuk membuat kelompok pemuridan (PA), ada beberapa level pemuridan seperti Tuhan Yesus, ada 120 murid, 70 murid, 12 murid utama dan 3 murid yang terdekat. Pada waktunya akan muncul orang-orang yang punya kualitas pembuat murid, pemimpin yang bisa menangkap visi besar dari bapa rohaninya. Bila cara ini berhasil pada gereja mula-mula, ini juga akan berhasil pada gereja saat ini. Dengan kuasa Roh Kudus dan kerja keras orang-orang yang mau bayar harga untuk terlibat dalam pemuridan, maka terobosan dan pelipatgandaan pasti terjadi.

Check Also

care cell e

KELUARGA ALLAH

Oleh: Pdt. Simon Irianto Dipl. Text. Tahukah Anda ketika lahir baru, kita masuk menjadi bagian …